24 September 2008

Inilah budaya Indonesia!!

Tadi siang di sekolah, ada pelajaran Biologi. Hari ini biologi ada 2 jam pelajaran. Seperti biasa, kami berangkat ke laboratorium. Kebetulan, hari ini tidak ada praktikum. Di sana kami membahas LKS tentang virus dan bakteri. Setelah kami selesai membahas bab virus, kami disuruh oleh Pak Eko (guru biologi..) untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok kami kepada temen2 sekelas. Pada hari ini yang melakukan presentasi adalah kelompok 1. Sebenarnya, ada dua kelompok yang akan mempresentasikan hasil kerja mereka yaitu kelompok 1 dan 2 dengan tema yang sama. Karena topik yang dibahas sama, tidak mungkin jika ke 2 kelompok tersebut mempresentasikan kerja mereka. Akhirnya, untuk menentukan siapa yang akan maju, ke 2 kelompok disuruh suit.

"Yang akan presentasi adalah kelompok 1, kelompok 2 akan menjadi penanya pada termin 1", kata Pak Eko. Mengetahui hal tersebut, seorang temen 1 kelompokku mengatakan, "Eh, mudah-mudahan kita kalah waktu suit."

Hah?? Kalah?? Berharap, kok berharap kalah?? Maksudnya, mungkin biar ga presentasi, gitu?? Heh, yang bener aja!! Aku udah ngerjain semua bahan presentasi ini.. Mulai dari mencari jawaban sampai mengedit di Power Point dan mencari gambar untuk contoh2nya!! Dan dia malah mengharapkan kelompok kita ga maju?? 

Dalam perjalanan pulang, aku terus berpikir. Kenapa seolah-olah dia ga menghargai aku sama sekali? Dia kan tau kalo aku yang bikin semua persiapan untuk presentasi!! Bahkan aku harus rela memberikan waktu luangku hanya untuk mengerjakan presentasi ini!! Sepanjang Sabtu dan Minggu, aku membuat presentasi ini!! Kenapa dia malah mengharapkan kelompok kita ga maju??

Ooohh, mungkin karena dia ga ikut kerja, jadi dia ga tau seberapa besar aku berusaha untuk kelompokku.. Aku tau sifat temenku yang satu nie.. Dia pemalu, ga mau tampil di depan orang banyak.. Tapi, apakah pantas dia ngomong gitu??

Phren, aku mau tegaskan di sini. Inilah budaya Indonesia, budaya kita.. MALU!! Kita pantas malu jika kita melakukan suatu kesalahan. Tapi untuk hal-hal yang baik, haruskah kita malu?? Inilah contoh dari sikap malu-malu kita.. Bahkan untuk hal-hal yang baik, masih kita terapkan budaya MALU.. 

Lewat pengalamanku ini, aku ingin kita merubah kebiasaan kita yang satu ini. Kita pantas malu jika kita benar-benar melakukan suatu kesalahan. Jika kita melakukan hal-hal yang baik, buat apa kita merasa malu? 

Mulailah menghilangkan rasa malu yang tidak wajar dalam diri kita dengan mulai percaya pada diri kita. Kita harus meyakinkan pada diri kita bahwa kita bisa. 

1 komentar: